3 Tips Merawat Netbook supaya tahan lama

pc mempunyai banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk wadah untuk menyelesaikan deadline. Tanpa komputer, semua tugas rasanya akan tidak terurus karena tidak tersedianya wadah penyimpanan untuk menampung semua dokumen yang diperlukan.
menjaga komputer sama halnya seperti merawat diri. Agar pc tahan lama, kamu harus menggunakan beberapa tips perawatan yang jitu. di bawah ini 5 cara merawat pc yang perlu kamu terapkan.

1. mengoperasikan laptop Sewajarnya
Cara awal yang perlu dilakukan yaitu menggunakan laptop sepantasnya. Artinya gunakan komputer sesuai kebutuhan. Nyalakan komputer saat dibutuhkan, dan matikan pc seusai penggunaan. tips ini sangatlah sederhana, namun dapat membuat komputer menjadi lebih tahan lama. lihat waktu pemakaian, jangan sampai sangat lama karena akan menyebabkan pc panas.

2. mengetahui Kondisi arus
keadaan tegangan yang dimaksud yaitu besarnya tegangan yang digunakan ketika komputer dinyalakan. Hindari untuk menghidupkan komputer pada tegangan yang terlalu besar. tindakan ini akan menyebabkan komputer gampang overheat. Kebakaran juga dapat terjadi karena arus yang diterima terlalu besar.

3. Jangan Meletakkan Beban Berat di Atas pc
Secara tidak sadar, kamu suka meletakkan barang berat di atas komputer. Entah itu buku, air minuman, tas, dan lain sebagainya. Kamu juga sering menindih pc dengan buku-buku pelajaran saat dimasukkan ke dalam tas. jika kamu ingin komputer tahan lama, hindari terlalu suka menaruh beban berat di atasnya. Karena hal ini akan menyebabkan LCD atau layar laptop tergores, lonyot, dan pecah.

4. Membersihkan laptop Secara Berkala
Cara selanjutnya adalah rajin membersihkan komputer. Terutama bagian-bagian yang sering terkena debu, misalnya monitor dan CPU. banyaknya kotoran pada komputer mengakibatkan kerja si pc menjadi menurun. Sehingga komputer jadi tidak tahan lama dan tidak dapat digunakan lagi. Cara membersihkan komputer cukup simpel. Cukup menggunakan kain, blower, atau brush. Bersihkan semua area komputer paling sedikit 6 bulan sekali untuk menghindari kerusakan dini.

5. menghidupkan dan Mematikan pc secara tepat
menghidupkan dan menonaktifkan laptop juga tidak boleh sembrono. gunakan langkah-langkah yang terdapat di dalam buku panduan. Proses mematikan laptop biasanya menjadi momen yang sangat krusial. Hindari mematikan komputer secara tergesa-gesa.

Apalagi jika sampai memencet tombol otomatis (on / off). Karena ini akan mengakibatkan performa komputer semakin lambat. supaya pc tetap awet, ikuti tips di atas dengan tepat. juga, selalu gunakan antivirus agar laptop lebih aman dari program-program berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *