Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flasdisk dan Laptop

Cara menghilangkan virus shortcut di flasdisk dan laptop – Dalam dunia arsip dan adminsitrasi, sering kali virus hadir mengganggu kinerja kita. Lebih banyak dari mereka menghasilkan virus shortcut. Virus ini merupakan penjelmaan dari file, folder, atau drive yang menjadi duplikat sehingga jumlahnya menjadi banyak. Itu sangat mengganggu proses pengetikan kita.

Apalagi jika itu menyerang file atau folder yang sudah jadi, dan semua itu lenyap begitu saja. Sungguh membuat kita kerja dua kali untuk mengetik kembali jika kita tidak mengetahui cara mengembalikan file tersebut. File yang terinveksi begitu lama di dalam flashdisk atau laptop dapat menjadi corrupt ataupun rusak sehingga keberadaannya tersembunyi atau tidak dapat dibuka kembali.
cara-menghapus-virus-shortcut-pada-flashdisk-dan-laptop-anda-dengan-menggunakan-operasi-smadav

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flasdisk dan Laptop

File dan folder yang hilang pada dasarnya tidak serta merta hilang. Semua itu tergantung kecanggihan virus yang mengancam. Namun windows pada komputer anda dilengkapi sistem manual dan software. Anda dapat menyelesaikan permasalahan virus shortcut dengan kedua cara tersebut.

Menggunakan Sistem CMD dan Folder Option
Cara cmd atau command prompth dilakukan dengan sistem Ms.Dos. cara ini dapat dikatakan cara manual karena operasi software ini tergolong pada era lama. Pertama anda dapat membuka cmd pada menu. Anda dapat mencari pada search file and folder pada menu. Anda juga dapat melakukannya dengan perintah tombol windows + R. Setelah anda enter atau klick, akan muncul tampilan cmd.

Di sana anda dapat mengganti drive yang sesuai dengan portal USB/flashdisk yang anda tancapkan. Misalnya, flashdisk ada pada drive F, maka anda harus mengetik huruf F pada drivenya. Maka secara otomatis drive akan berubah menjadi drive F. Pada operasi ini, ketik perintah attrib -s -h -r -a *.* /s /s.

Setelah selesai, otomatis semua folder yang dihilangkan atau ter-hidden oleh virus shortcut akan muncul kembali, termasuk auto.inf. Setelah itu yang anda lakukan adalah menghapus virus shortcut secara permanen. Biasanya supaya virus tidak muncul kembali, sebaiknya anda hapus dengan tekan shift+delete. Cara ini sering digunakan dan hasilnya manjur.

Untuk memantapkannya, anda gunakan opsi folder option pada fitur organize-folder and search option. Setelah itu akan muncul tampilan folder option. Di situ, anda klick view. Dalam tampilannya, anda pilih atau centang “show hidden file, folder,and drive”. Tidak lupa untuk melepaskan centang pada “hide extensions for known file types”. Maka file anda kembali dan tidak ada file shortcut virus.

Cara Software Smadav
Operasi Smadav untuk menghapus file shortcut virus merupakan cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan pemikiran yang cukup memeras otak. Anda tidak perlu bingung untuk melakukannya. Cukup anda install SMADAV pada PC atau Notebook anda. Di sini anda harus selalu update anti-virus tipe ini. Selanjutnya anda scan PC anda dengan Smadav secara menyeluruh atau pada flashdisk yang terkena virus tersebut.

Setelah itu, pilih atau klik “FIX ALL” maka dengan sendirinya shortcut tersebut akan hilang dan data anda akan kembali. Pada cara ini, jika anda menjumpai terdapat hidden file pada smadav, anda dapat merilisnya dengan meng-klik pilihan “all clean setelah anda centang semua virus yang terinveksi. Maka secara otomatis virus shortcut akan hilang.

Sebenarnya banyak Cara menghilangkan virus shortcut di flasdisk dan laptop anda. Namun cara yang paling sering digunakan adalah dua cara di atas. Inti dari kegiatan ini adalah bagaimana virus shortcut itu hilang dan anda dapat mendapatkan file anda serta bekerja dengan lancar.