Cara Menghilangkan Virus Trojan di Android

Cara menghilangkan virus trojan di Android – Kini android bukan lagi menjadi barang langka, namun sudah menjadi kebutuhan. Banyak orang menggunakan android untuk berbagai keperluan termasuk bisnis dan pekerjaan. Kadang tanpa disengaja mereka melakukan kesalahan dalam mendownload file yang menyebabkan android terserang virus.

Tentunya sudah kita ketahui bersama bahwa pengguna smartphone sangatlah rawan akan adanya virus yang masuk pada smartphone yang anda miliki, salah satu virus yang sangat bandel dan nakal yakni virus Trojan yang sering ada di android.
cara-menghilangkan-virus-trojan-di-android-dengan-aplikasi
Mungkin anda sebetulnya mengetahui adanya virus, namun anda tidak mengetahui virus apa yang ada dan masuk pada smartphone anda. Tentunya sangat riskan dan cukup menjengkelkan juga jika smartphone kita terinfeksi virus-virus yang sangat sulit di hapuskan dari samrtphone kita. Anda mungkin kesulitan mengatasi dan belum tau cara menghilangkan virus trojan di android.

Bagi anda yang saat ini memang mengalami masalah adanya virus trojan pada smartphone anda, tenang saja anda semua tidaklah perlu khawatir karena di bawah ini kami akan mencoba berbagi dengan anda semua mengenai cara menghilangkan virus trojan di android.

Cara menghilangkan virus trojan di android tanpa aplikasi

Masuk ke Safe Mode dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. Jika masih bingung, silakan Googling dengan keyword “Safe Mode (tipe Android)”. Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings – Apps, lalu pilih tab Downloaded.

Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android anda terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah anda instal di Android anda. Jika anda menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, anda klik aplikasi tersebut dan pilih uninstall.

Pada satu kasus, anda mungkin menemukan aplikasi asing tersebut tidak dapat di uninstall, karena aplikasi itu telah memberikan akses administrator. Saat menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas anda adalah menghapus akses administratornya. Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings – Security – Device Administrator.

Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya sekarang anda sudah bisa menghapusnya. Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya anda tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.

Cara menghilangkan virus trojan di android dengan aplikasi

Aplikasi android yang dapat membantu anda mengatasi masalah ini yaitu Aplikasi Stubborn Trojan Killer. Aplikasi Stubborn Trojan Killer adalah aplikasi anti-malware ringan yang berjuang dan fokus hanya untuk menghadang dan hapus trojan virus. Anda dapat mendownloadnya di Google Play Store.

Kelebihannya adalah dia punya teknik terbaik untuk deteksi dan penghapusan virus trojan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai perangkat Android Anda untuk melihat adanya malware dan jika ada dia akan menghapus program sepenuhnya.

Itulah cara untuk menghapus virus trojan di android anda dan silahkan mencoba. Semoga bermanfaat serta terimakasih telah membaca artikel ini.