Kumpulan Cara Merawat Motherboard Komputer

Masih banyak pemakai komputer tidak peduli dengan cara merawat motherboard komputer. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan bahwa motherboard komputer adalah salah satu komponen penting dalam komputer untuk bekerja optimal. Di dalam motherboard terpasang seluru komponen-komponen penting komputer sehingga komputer bisa lancar digunakan. Berikut ini cara merawat motherboard komputer agar tetap awet.
merawat-motherboard-komputer

Cara Merawat Motherboard Komputer

1. Kebersihan motherboard
Kebersihan motherboard menjadi hal penting dalam merawat komputer. Meskipun berada di dalam komputer, ternyata motherboard menjadi tempat yang nyaman untuk debu. Pembersihan motherboard bisa dilakukan 1x sebulan atau 1x dalam 3 bulan tergantung dari banyaknya debu yang masuk. Bagi pengguna yang berada di kawaan yang mudah berdebu tentu akan sering membersihkan motherboard komputer ini.

Kebersihan ini penting sebab debu bisa menghambat kerja komponen-komponen komputer. Selain itu debu juga mengganggu sirkulasi pendinginan komputer yang menyebabkan usia pakai komponen di motherboard dan juga motherboard itu sendiri tidak berlangsung lama.

2. Menggunakan stabilizer daya dan UPS
Tidak bisa dipungkiri bahwa daya listrik kita tidak stabil di 200-220 volt. Pada jam-jam tertentu, daya listrik akan naik turun tergantung dari banyak sedikitnya beban listrik. Naik turunnya daya listrik ini ternyata juga berpengaruh pada kinerja komponen motherboard komputer. Daya yang tidak mencukupi menyebabkan motherboard komputer dan komponennya harus bekerja secara tidak optimal.

Hasilnya komponen motherboard menjadi cepat rusak. Untuk mengatasi naik turunnya daya, pengguna komputer disarankan menggunakan stabilizer daya agar komponen motherboard bisa terus bekerja secara optimal. Penggunaan ini juga meningkatkan usia pakai motherboard komputer.

Sementara UPS atau Uninterruptible Power Supply berguna untuk mencegah komputer mati saat listrik padam. Kondisi mati mendadak ini juga bisa meningkatkan resiko kerusakan motherboard komputer. Hal ini terjadi karena motherboard perlu waktu untuk menshut-down dirinya sendiri. Dengan mati tiba-tiba, motherboard komputer dan komponennya tidak siap karena masih dalam performa puncaknya ketika mati.

3. Sirkulasi udara pada motherboard
Sirkulasi udara pada motherboard menjadi penting karena bisa menjaga suhu CPU tetap dalam suhu optimal. Sedikitnya sirkulasi udara menyebabkan komponen motherboard komputer menjadi cepat panas. Panas yang berlebih ini mengganggu kinerja komputer dalam mengakses data. Selain itu, panas berlebih dalam jangka waktu lama juga mengurangi usia pakai komponen ini.

Cara mengatasinya dengan memperbanyak sirkulasi udara di casing komputer. Hal ini bisa menyebabkan sistem pendinginan di CPU bisa optimal dan sirkulasi udara di motherboard menjadi lebih baik.

Informasi di atas bisa menjadi pelajaran bahwa motherboard komputer juga memerlukan perawatan agar bisa awet dan bisa bekerja dengan optimal. Dengan melakukan cara merawat motherboard komputer di atas berarti juga menekan biaya perbaikan motherboard yang bisa dibilang tidak murah.