Inilah Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Di Format

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format – Dewasa ini, flashdisk merupakan salah satu komponen yang begitu penting untuk kehidupan modern. Dengan flashdisk, kita dapat menyimpan berbagai data untuk keperluan sehari-hari. Misalnya, jika Anda adalah seorang mahasiswa, pastinya Anda akan membutuhkan flashdisk untuk menyimpan berbagai tugas yang diberikan di perkuliahan.

Jika Anda seorang pekerja kantoran pun Anda pasti akan membutuhkan flashdisk untuk menyimpan file. Namun, adakalanya sebuah flashdisk mengalami error serta tidak dapat digunakan secara normal. Hal tersebut terjadi karena berbagai penyebab. Bisa saja karena kerusakan pada hardware, bisa karena data yang corrupt didalam flashdisk tersebut, atau karena virus yang menyerang.

Nah kali ini kami akan memberikan solusi jika flashdisk Anda mengalami kerusakan akibat system atau software yang rusak. Ini dia cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format.
Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Di Format

1. Langkah pertama cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format adalah dengan memasukkan flashdisk tersebut ke dalam port USB laptop.
2. Klik kanan pada Start kemudian pilih RUN.
3. Setelah pada tampilan RUN muncul, ketiklah compmgmt.msc pada kotak RUN tersebut. Lalu selanjutnya klik OK
4. Setelah Anda mengklik OK, akan muncul program bernama “computer management.”, setelah itu pilih Disk Management.
5. Setelah Anda menklik Disk Management, maka laptop/computer Anda akan mendeteksi secara seksama apa yang menjadi kerusakan pada flashdisk Anda.
6. Ketika flashdisk Anda telah terdeteksi kerusakannya, klik kanan pada hasil gejala yang terdeteksi pada flashdisk Anda tersebut.
7. Setelah itu, Anda pilih Create Partition.
8. Setelah itu, Anda klik kanan pada format.
9. Selamat! flashdisk Anda telah berhasil disembuhkan.

Namun, ada kalanya flashdisk tersebut masih belum bisa digunakan setelah Anda mencoba melakukan cara seperti yang diatas. Kemungkinan, flashdisk masih belum bisa digunakan karena terdapat write protection dalam system flashdisk tersebut. Cara lain untuk memperbaikinya adalah dengan meremove system itu terlebih dahulu. Berikut ini adalah caranya:

1. Tekan secara bersamaan tombol R dan Window pada laptop/computer Anda.
2. Pilih regedit, lalu tekan enter.
3. Setelah muncul kotak dialog, tekan Ctrl-F.
4. Ketiklah write protection pada kotak searching, dan klik find.
Jika Anda menemukan keterangan apapun tentang write protected pada pencarian tersebut, hapus segera. Caranya adalah dengan klik kanan dan kemudian delete. Apabila terdapat kotak konfirmasi, tekan oke/yes untuk mengkonfirmasi penghapusan tersebut.
5. Write protected telah terhapus didlam system di flashdisk Anda. Flashdisk pun akan kembali pada kondisi semula.
6. Tutup pada dialog Registri Editor, lalu Anda cabut flashdisk dari laptop/computer Anda.

Itulah cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format. Semoga, setelah membaca artikel ini, Anda dapat memperbaiki flashdisk Anda yang mengalami kerusakan sehingga dapat digunakan kembali oleh Anda untuk beraktivitas dan menyimpan data penting Anda kembali.